• Senin, 28 November 2022

Alasan PSSI Menyebut JIS Tidak Layak Menggelar FIFA Matchday

- Jumat, 9 September 2022 | 15:09 WIB
Jakarta International Stadium (JIS) (dok. jakintstadium)
Jakarta International Stadium (JIS) (dok. jakintstadium)

Bolanusantara.com - PSSI akhirnya angkat bicara soal kepindahan venue FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Curacao dari Stadion Jakarta International Stadium (JIS) menuju Stadion Pakansari, Bogor. Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengungkapkan kalau JIS belum memenuhi kelayakan infastruktur.

Pada awalnya laga Indonesia melawan Curacao dihelat di Stadion JIS. Namun rencana itu urung terjadi setelah Ketum PSSI, Mochammad Iriawan mengatakan pertandingan dimainkan di Pakansari untuk laga kedua saat rapat dengan Komisi X DPR RI.

Keputusan tersebut diambil setelah PSSI melakukan uji kelayakan terhadap Stadion JIS. Menurut PSSI, JIS masih banyak kekurangan dari sisi infrastruktur dan keamanan.

Baca Juga: Rumput Lapangan di Surabaya Berkelas, Shin Tae-yong Semringah

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100% infrastruktur (area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara).

Bahkan concourse timur belum dapat digunakan, perimeter tribune perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh) dan sarana prasarana pendukung (kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar).

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% - 50% - 75% - 100% dari perhitungan maximum safety capacity," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI.

Yunus menambahkan untuk ukuran JIS yang begitu megah (dengan daya tampung 80 ribu kursi) hanya bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat itu sangat riskan. Padahal, jika timnas main, animo masyarakat untuk ber duyun-duyun ke stadion sangat tinggi.

Selain itu masuk stadion hanya satu pintu sehingga dikhawatirkan jika bersamaan keluar akan memakan waktu yang lama.

Halaman:

Editor: Yosef Deny Pamungkas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X