5 Pemain Muda Brasil Datang, Timnas Indonesia Ditegaskan Tidak Perlu Pemain Naturalisasi!

Bolanusantara.com - Penggiat sepak bola usia muda sejak 2013, Jaino Matos menyebut Indonesia punya banyak pemain muda berbakat dan tidak perlu melakukan naturalisasi. Menurutnya potensi pemain muda Indonesia tidak kalah dengan pemain Amerika Selatan jika mendapatkan program latihan yang tepat.

Dalam beberapa hari terakhir, sepak bola Indonesia dikejutkan dengan kedatangan lima pemain muda Brasil yang bergabung ke klub-klub Liga 1. Isu yang berhembus kalau lima pemain Brasil itu bakal dinaturalisasi sebagai tambahan kekuatan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Diketahui, dua pemain Brasil,Thiago Apolinario (19),  Maike Henrique Irine De Lima  (19), kini masih berlatih di Persija Jakarta. Kemudian juga ada nama Pedro Bartoli Jardim (18), Hugo Guilerme Correa Grillo (19) di Arema FC. Dan satu pemain lagi, Robert Junior Rodrigues Santos (19) di Madura United FC.

 

Baca juga: Berita Persib Bandung: Bintang Muda, Mario Jardel Ngotot Ingin Turun Lawan Persita, Ada Apa?



"Indonesia tak butuh pemain naturalisasi. Tidak butuh. Talenta Indonesia cukup, dengan catatan apabila program-program semua segmen dari paling bawah sampai atas terintegrasi dengan baik," kata Jaino Matos.

"Apabila pola latihan, sains, ilmu pengetahuan, dan program perorangan tepat, kita bisa meningkatkan potensi pemain lokal," ujarnya melanjutkan.

Jaino Matos yang pernah melatih Persiba Balikpapan tidak setuju dengan kehadiran lima pemain Brasil di Timnas Indonesia. Dia menilai lima pemain Brasil itu tidak memiliki keistimewaan.

 

Baca juga: Setelah Jonathan Bauman, Arema FC Bersiap Kehilangan 2 Pemain Asingnya



Namun, Jaino Matos menegaskan kalau situasi berbeda jika berbicara mengenai Elkan Baggott dan Jack Brown. Kedua pemain itu memiliki darah Indonesia dari orang tuanya masing-masing.

"Para pemain ini tak punya ikatan batin sama sekali ke Indonesia. Bagaimana mau membela Indonesia secara sungguh-sungguh? Tidak masuk akal."

"Khusus untuk kasus ini, saya sangat-sangat tidak setuju sama sekali. Saya berharap keputusan itu tidak merusak persiapan yang telah dijalankan coach Shin Tae-yong," tandasnya.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait