Angkat Tema Khatulistiwa, Ternyata Jersey Away Timnas Indonesia Syarat Makna

Bolanusantara.com - Timnas Indonesia merilis jersey away atau tandang mereka. Jersey ini dirilis oleh Mills Sport pada Senin (27/7) di Jalan KH Zainul Arifin Blok A No 18-19, Taman Sari, Jakarta Barat (Kompleks Ketapang Business).

Bola Nusantara menghubungi desainer jersey away Timnas Indonesia, Fajarrusalem. Menurut Fajar, proses desain berjalan cukup lama.

“Pertama saya ditawari Mills saat masih kerja di League. Mereka menawari sebuah project dan ternyata itu project Timnas Indonesia. Proses design dimulai bulan Maret. Revisi tiga sampai empat kali dari Mills,” ujar Fajar kepada Bola Nusantara.

Mengenai warna, Mills seakan melanjutkan tradisi Timnas Indonesia. Mereka menggunakan warna putih dan hijau sebagai warna dasar jersey away Timnas Indonesia. Mengenai hal ini, Fajar menyebut bahwa pemilihan warna adalah keinginan PSSI.

 

Baca juga: Warna Putih dan Hijau Mendominasi, Timnas Indonesia Rilis Jersey Away

 

“PSSI ingin warna putih dan hijau. Tapi, mereka tidak membatasi secara konsep, jadi konsepnya bebas. Tulisan PSSI di belakang leher itu harus ada. Saklek,” ujar Fajar menambahkan.

Jersey Timnas Indonesia memiliki warna dasar putih dengan bagian kerah leher dan bawah lengan (rib) berwarna hijau. Warna hijau juga digunakan di bagian depan jersey dengan garis putih yang membentang.

“Jadi, tema jersey kali ini adalah Khatulistiwa. Nah, di bagian dada ada pulau-pulau di Indonesia dengan garis putih yang membentang. Nah, garis putih ini ibaratnya garis khatulistiwa yang membentang di pulau-pulau Indonesia.”

“Sementara warna hijau di kerah leher dan lengan, itu biasa saja, biar mempercantik.”

Untuk jersey Player Issue, corak pulau dan garis khatulistiwa menggunakan sebuah metode atau motif jacquard. Fajarrusalem menjelaskan apa itu motif jacquard.

 

Baca juga: Gandeng Mills Sebagai Apparel, Ini Alasan PSSI

 

“Di jersey Player Issue, pulau-pulau diberikan motif jacquard. Jadi, motif pulau itu didapat dari benang yang dirajut,” tutup Fajar.

Terkait dengan pemilihan warna putih dan hijau, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan alasannya. Ditemui saat acara peluncuran jersey away Timnas Indonesia, warna putih dan hijau memiliki makna khusus.

“"Putih melambangkan kesucian Indonesia, hijau kesuburan Indonesia, ada transparan itu menggambarkan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Idenya saya memang minta cari inovasi yang kemerahputian dan kegarudaan,” ujar Iriawan.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait