Bali United Kampiun Liga 1 2019, Teco Cetak Sejarah

Bali United sudah memastikan diri jadi juara Liga 1 2019 di pekan ke-30. Kepastian ini didapat setelah Serdadu Tridatu menang 2-0 atas Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin (2/12/2019) sore. Ilija Spasojevic tampil sebagai pahlawan tim dengan memborong dua gol Bali United. 

Kemenangan ini membuat Bali United tak mungkin lagi terkejar oleh pesaingnya, Borneo FC, yang pada saat bermain hanya bermain imbang 2-2 dengan PSM Makassar. Bali United kokoh di puncak dengan 63 angka, sedangkan Borneo hanya mengum[ulkan46 poin. 

Gelar juara ini adalah yang pertama bagi Bali United. Musim 2017 lalu, mereka hanya finish di peringkat kedua. Namun gelar juara ini jadi yang kedua secara beruntun oleh pelatih Stefano Cugurra alias Teco yang musim lalu juga mampu juara Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta.

Tuan rumah tampil tanpa kiper andalan Teja Pakualam yang sedang melangsungkan pernikahan dan juga bek Roni Rosadi yang terkena akumulasi kartu kuning. Sebaliknya, di pertandingan ini, Bali United turun dengan hampir kekuatan terbaiknya di starting XI.

Praktis hanya nama Melvin Platje saja yang tidak terlihat dalam daftar susunan pemain. Dua nama lainnya yang tidak diturunkan adalah Leonard Tupamahu dan Andhika Wijaya yang terkena akumulasi kartu kuning.

Sejak menit pertama laga, Bali United yang hanya membutuh satu poin saja untuk dapat tampil sebagai juara Liga 1 2019 bermain sabar dan rileks. Menit kedelapan, tendangan keras dari luar kotak penalti oleh Ilija Spasojevic masih mampu diamankan kiper tuan rumah, Rendy Oscario.

Baca juga :   Bali United Hanya Butuh 1 Poin Lagi Untuk Jadi Juara

Begitu juga umpan panjang Fadil Sausu kepada Stefano Lilipaly di menit ke-14 masih dapat dipatahkan bek tuan rumah. Menit ke-16, gol Ilija Spasojevic dianulir wasit karena lebih dulu terperangkap offisde.

Menit ke-17, tendangan keras gelandang Semen Padang, Flavio Beck masih melambung jauh. Menit ke-22, Flavio Beck kembali melepaskan tendangan jarak jauh yang masih dapat ditepis oleh kiper Bali United, Wawan Hendrawan.

Menit ke-29, bola serangan Semen Padang mengenai tangan Spaso yang ada di dalam kotak penalti. Namun wasit Thoriq Alkatiri tidak memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah.

Baca juga :    Ditaklukkan Barito Putera, Pelatih PSS Ungkap Kelemahan Timnya

Menit ke-44, sundulan Yabes Roni yang tak terkawal di depan gawang Semen Padang masih melenceng jauh. Menit ke-45, Dedi Gusmawan masih mampu menghalau peluang emas Bali United. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Menit ke-51, tandukan Spaso akhirnya mampu menjebol gawang tuan rumah setelah memaksimalkan umpan sundulan Yabes Roni. Menit ke-54, tendangan keras Flavuio Beck di dalam kotak penalti Bali United masih dapat dimuntahkan oleh kiper Wawan Hendrawan.

Ketinggalan satu gol, Semen Padang tampil lebih agresif. Namun sayang sejumlah peluang mulai dari Karl Max hingga Flavio Beck tak ada yang menemui sasaran. Menit ke-85, Spaso menambah keunggulan Bali United menjadi 2-0 setelah menerima umpan Brwa Nouri. Hingga laga usai, skor 0-2 tidak berubah untuk keunggulan Bali United.

 

 

Susunan Pemain

Semen Padang FC (4-3-3)

Rendy Oscario ; M Rifqi, Syaeful Anwar, Dedi Gusmawan, Leo Guntara ; Uropmabin, Irsyad Maulana,Fridolin Yoku ; Flavio Beck, Vanderley Fransisco, Dedi Hartono

 

Bali United (4-2-3-1)

Wawan Hendrawan ; Dias Angga, Gunawan Dwi Cahyo, Willian Pachecho, Ricky Fajrin ; Fadil Sausu, Brwa Nouri ; Stefano Lilipaly, Paulo Sergio, Yabes Roni ; Ilija Spasojevic

 

Berita Terkait