FAM Tanggapi Sanksi Denda yang Dijatuhkan FIFA ke PSSI

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengaku tidak keberatan dengan sanksi dendan yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI, terkait kericuhan antarsuporter pada laga Indonesia kontra Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, (5/9).

Seperti diketahui, pada laga itu, suporter Harimau Malaya terus mendepatkan intimidasi berupa cemoohan hingga lemparan petasan dari oknum suporter Garuda saat pertandingan berlangsung. Bahkan ada salah satu oknum suporter yang sampai masuk ke lapangan dan berusaha menyerang ke tribun suporter Malaysia.

 

Baca juga: Jelang Indonesia vs Vietnam, Dubes Vietnam Datangi Kantor PSSI

 

Akibat kejadian ini, FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi denda ebesar 45.000 Franc Swiss atau sekitar Rp643 juta. Sanksi tersebut terbilang ringan sebab pada awalnya Timnas Indonesia terancam bertanding tanpa suporter.

Menanggapi ini, Presiden FAM, Datuk Hamidin Amin mengaku tak mempersoalkan soal sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI. Dia tetap menghormati dan berharap sepak bola Asia Tenggara bisa lebih baik lagi ke depannya.

"Dalam tata kelola sepak bola, penting bagi kami untuk menghormati federasi lain dan menghindari sikap sentimen. Ini sudah langkah terakhir dan terserah kepada FIFA saja," kata Datuk Hamidin dilansir dari Goal Malaysia.

"Yang bisa kami lakukan hanya mengikuti arahan dan mengirimkan laporan yang terjadi saat itu secepatnya," ujarnya.

 

Baca juga: Kisruh Lawan Malaysia, PSSI Didenda FIFA

 

Sekadar informasi, Timnas Indonesia akan kembali melanjutkan perjuangannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan melawan Uni Emirat Arab pada Kamis (10/10) malam WIB. Sedangkan pada laga keempat skuat Garuda berkesempatan menjadi tuan rumah saat menjamu Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa 15 Oktober

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait