Gerakan 1 Orang 1 Masker, Bentuk Solidaritas Jakmania Buat Bencana Karhutla

Kelompok suporter Persija Jakarta, Jakmania akan menggelar aksi solidaritas saat laga melawan Bali United di Stadion Patriot Candrahaga, Bekasi, Kamis (19/9) sore WIB. Salah satu kelompok bagian dari Jakmania, yakni Curva Nord Persija menggagas sebuah ide gerakan satu orang satu masker.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sedang menjadi masalah besar yang menimpa Indonesia. Bagaimana tidak, Karhutla yang terjadi di daerah Sumatera dan Kalimantan membuat kabut asap besar yang menimbulkan dampak negatif buat sekitar.

 

Baca juga: Persija Vs Bali United: Pertarungan Adu Tajam Bomber Balkan

 

Warga sekitar tentu menjadi korban akibat Karhutla. Udara yang diselimuti kabut asap membuat pernapasan menjadi terganggu. Salah satu penyakit yang bisa menjangkit akibat kabut asap adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Hal inilah yang membuat Curva Nord Persija tergerak untuk ikut merasakan penderitaan saudara-saudara yang terdampak kabut asap akibat Karhutla. Gerakan yang dilakukan yakni Satu Orang Satu Masker.

"Awal idenya itu karena komunitas Curva Nord Persija merasa resah melihat saudara-saudara kita yang tak bisa menghirup udara yang baik," kata Wildan, salah satu anggota Curva Nord Persija.

"Sebagai suporter sepak bola tentu kami juga merasakan dampak akibat Karhutla terutama teman-teman suporter yang berada di daerah yang terjadinya bencana itu. Jadi kami mencoba bersolidaritas dengan gerakan satu orang satu masker," ujarnya.

 

Baca juga: Persija Vs Bali United: Duel Terbalut Nostalgia

 

Nantinya setiap penonton yang memasuki stadion dan sudah membawa masker akan dipakai di tribun. Hal itu sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan-rekan yang terdampak kabut asap akibat karhutla.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait