Giliran DPR yang Kritisi Rencana Naturalisasi Pemain untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

Bolanusantara.com - Beberapa waktu terakhir, sepak bola Indonesia sedang ramai membicarakan soal isu naturalisasi pemain muda asal Brasil untuk kebutuhan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20. Sayangnya, rencana ini mendapatkan banyak kritikan tak terkecuali dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ya, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mengatakan kalau rencana menaturalisasi pemain asing asal Brasil tidak sesuai dengan filosofi sepak bola Indonesia. Dia mengatakan rencana tersebut tidak bisa menjadi jaminan untuk mendongkrak prestasi Timnas Indonesia yang akan mentas di Piala Dunia U-20.

 

Baca juga: Naturalisasi Tahun 2010 dan 2020, Apa Saja Bedanya?

 

"Rencana naturalisasi pemain besar-besaran agar berprestasi di Piala Dunia U-20 sangat bertentangan dengan filosofi olahraga prestasi di Indonesia. Langkah itu ibarat jalan pintas, belum tentu menghasilkan prestasi yang diidamkan," kata Huda seperti dilansir Antara.

Bahkan Huda menegaskan kalau rencana naturalisasi benar dijalankan maka akan lebih memberikan efek negatif ketimbang positif. Salah satu yang paling disorot adalah mental para pemain muda yang bermimpi memperkuat Timnas Indonesia.

"Betapa besar biaya untuk melakukan semua itu. Namun saat ada kebutuhan untuk membentuk tim nasional, tiba-tiba pemerintah dan federasi lebih memilih untuk melakukan naturalisasi pemain. Ini sangat ironis," tambahnya.

 

Baca juga: Tanggapi Rumor Soal Naturalisasi Pemain Brasil, Bung Towel: Kayak Lawakan

 

Ya, seperti diketahui, belakangan muncul isu soal rencana PSSI untuk menaturalisasi pemain muda asing asal Brasil. Saat ini diketahui ada lima pemain asing asal Brasil yang sudah tergabung di tiga klub Liga 1, yakni Persija Jakarta, Arema FC dan Madura United.

Henrique Bartolo dan Hugo Guilherme diketahui berlatih dengan Arema FC. Sedangkan Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique De Lima menimba ilmu di Persija Jakarta. Teranyar, giliran Madura United yang kedatangan pemain bernama Robert Junior Rodrigues Santos.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait