Hingga Saat Ini, Kemenpora Belum Mendapatkan Surat Resmi dari PSSI Soal 6 Stadion Piala Dunia

Bolanusantara.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyebut hingga saat ini, Senin (29/6) pukul 11.38 WIB, belum ada surat resmi yang masuk dari PSSI mengenai penetapan enam stadion Piala Dunia U-20 2021.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto. Ia mengakui bahwa tak ada kesepakatan apa pun mengenai venue Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Indonesia.

“Kami belum dapat (surat keputusan PSSI). Hingga siang hari ini (Senin), pukul 11.38 WIB,” ujar Gatot S. Dewa Broto.

Keputusan PSSI ini menurut Kemenpora belum mendapatkan persetujuan dari FIFA. FIFA masih akan melakukan inspeksi pada Oktober mendatang.

“Pada waktu rapat bersama, saya bertanya kepada PSSI untuk menjelaskan awal mula menunjuk enam stadion tersebut. Ternyata ada surat dari Ketum PSSI kepada FIFA. FIFA memang menjawab, tapi masih ada berbagai catatan. Jadi, itu (keputusan enam stadion) bukan sikap FIFA,” ujar Gatot.

 

Baca juga: Sah! PSSI Ajukan 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021

 

Meski PSSI belum mengirimkan surat kepada Kemenpora, Gatot Dewa Broto merasa Kemenpora tak dilangkahi. Ia mewajarkan keputusan dari PSSI tersebut karena itu urusan FIFA dan PSSI.

Kemenpora enggan terlalu ikut campur urusan ini lantaran nanti akan terjerat Statuta PSSI. Tetapi, Kemenpora meminta setidaknya ada komunikasi yang lebih intens antara PSSI dan Kemenpora.

“Tidaklah, kami (Kemenpora) tak dilangkahi. Itu (penetapan stadion) urusan PSSI dan FIFA. Kalau kami ikut campur, nanti melanggar Statuta PSSI pasal 14 dan 19.”

 

Baca juga: 2 Keuntungan Ditunjuknya Stadion Manahan Sebagai Venue Piala Dunia U-20 2021

 

“Setidaknya kami dikasih kabar kalau PSSI berada di proses ini. Kecuali kalau PSSI ingin berjalan sendiri dan tak gunakan APBN, tak masalah. Kami tak akan mengejar seperti itu, tetapi kan ini menggunakan APBN.”

Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait