Isu Naturalisasi Wonderkid Brasil Ganggu Mental Pemain Timnas U-19

Bolanusantara.com - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini ikut bersuara soal isu naturalisasi wonderkid asal Brasil. Menurutnya, isu tersebut bakal berdampak besar untuk pemain Timnas Indonesia U-19 yang kini diasuh oleh Shin Tae-yong.

Dalam beberapa hari terakhir, sepak bola Indonesia dikejutkan dengan kedatangan lima pemain muda Brasil yang bergabung ke klub-klub Liga 1 2020. Isu yang berembus kalau lima pemain Brasil itu bakal dinaturalisasi sebagai tambahan kekuatan untuk Piala Dunia U-20 2021.

 

Baca juga: 5 Pemain Muda Brasil Datang, Timnas Indonesia Ditegaskan Tidak Perlu Pemain Naturalisasi!

 

Diketahui, dua pemain Brasil,Thiago Apolinario (19) dan Maike Henrique Irine De Lima (19), kini masih berlatih di Persija Jakarta. Kemudian juga ada nama Pedro Bartoli Jardim (18) dan Hugo Guilerme Correa Grillo (19)  yang bermain untuk Arema FC. Dan satu pemain lagi, Robert Junior Rodrigues Santos (19) di Madura United FC.

"Jujur kalau ini benar, saya sangat menyesali kabar naturalisasi ini," kata Fakhri Husaini.

"Selain tidak percaya dengan potensi pemain yang ada, kabar ini juga pasti mengganggu mental para pemain yang sekarang sedang menjalani TC," tambah pelatih asal Aceh tersebut.

PSSI seharusnya, lanjut Fakhri, menaruh fokus untuk menunjang latihan Beckham Putra dkk di ajang terdekat, yakni Piala Asia U-19 2020, bukan justru membuat isu yang bisa mematahkan semangat dan usaha yang telah dijalani para pemain muda.

 

Baca juga: Bawa 30 Pemain ke Kroasia, Ini 2 Nama yang Mungkin Dicoret dari Timnas Indonesia U-19

 

"Sekarang seharusnya pemain-pemain sedang fokus untuk menghadapi Piala Asia yang sudah di depan mata," ucapnya.

Sebelumnya, PSSI melalui direktur teknik Indra Sjafri, telah membantah kalau kedatangan pemain Brasil berkaitan dengan federasi pimpinan Mochamad Iriawan.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” kata Indra Sjafri.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait