James 'Suami Muda' Younghusband dan Deretan Pemain Asia Tenggara yang Memberikan Luka untuk Indonesia

Bolanusantara.com - Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat fanatisme akan sepak bola tertinggi di dunia. Tak main-main memang fanatisme sepak bola di Indonesia.

Sayangnya, fanatisme akan sepak bola tak berbanding lurus dengan prestasi. Timnas Indonesia tak mampu menunjukkan tajinya dan bermain laiknya kerupuk yang terkena air, ndumples. Tak percaya?

Coba kita tengok prestasi Timnas Indonesia. Indonesia memang langganan lolos ke babak final Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger), tapi entah kenapa puncak tertinggi tak kunjung bisa diraih. Timnas Indonesia seolah ditakdirkan menjadi runner up abadi.

Belum lagi jika kita tengok prestasi lolos ke Piala Asia atau Piala Dunia. Bolehlah membanggakan diri sebagai satu-satunya negara asal Asia Tenggara yang lolos ke Piala Dunia, tapi itu terjadi puluhan tahun silam, atau bahkan saat kalian yang membaca ini belum lahir, atau malah kedua orang tua kalian belum lahir.

 

Baca juga: Masih Ingat James ‘Suami Muda’ Younghusband? Ini Kabarnya Sekarang

 

Kegagalan Timnas Indonesia di level Internasional memang memperihatinkan. Sangat. Nah, beberapa pemain asal Asia Tenggara ini kerap memberikan luka untuk Timnas Indonesia. Siapa saja mereka? Simak daftarnya di sini:

Agu Casmir - Singapura

Getty Images

Agu Casmir adalah salah satu produk naturalisasi Singapura. Selain dia, ada nama Daniel Bennet, Shi Jiayi, dan Itimi Dickson. Dari berbagai nama ini, ada Agu Casmir yang pernah memberikan luka untuk Indonesia pada Piala Tiger (kini Piala AFF) tahun 2004. Agu Casmir mencetak dua gol dalam laga Indonesia vs Singapura di partai puncak yang digelar dalam dua leg. Dua gol ini memupus harapan Indonesia menjadi juara Piala AFF yang pertama kali, karena pada dua kesempatan sebelumnya, Skuad Garuda takluk di partai puncak.

Safee Sali - Malaysia

Tak ada pemain yang paling menyakitkan selain Safee Sali. Pemain Timnas Malaysia ini mencetak tiga gol di partai puncak Piala AFF 2010. Dua gol ia cetak pada leg pertama saat Firman Utina dan kolega kalah dengan skor 3-0. Pada leg kedua, Indonesia menang dengan skor 2-1 dengan Safee Sali mencetak satu-satunya gol Malaysia. Agregat 4-2 membuat Indonesia kembali gagal di partai puncak Piala AFF.

 

Baca juga: Di-gas Leo Tupamahu, Safee Sali: Jangan Terpancing Berita Sosmed Bro

 

Noh Alam Shah - Singapura

Noh Alam Shah pernah mencetak tujuh gol saat Singapura melawan Laos pada Piala AFF 2007. Saat itu, Singapura menang dengan skor mencolok, 11-0. Timnas Indonesia pada saat itu tak bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF setelah gagal menang melawan Singapura dan Vietnam. Indonesia kalah agregat gol dari Singapura dan Vietnam. Pada laga terakhir melawan Singapura, Indonesia imbang 2-2 melawan Singapura dan salah satu gol dicetak oleh Noh Alam Shah.

Teerasil Dangda - Thailand

Goal

Teerasil Dangda telah lama membela Timnas Thailand. Ia bermain sejak Piala AFF 2008 dan mencetak gol ke gawang Indonesia di babak semifinal Piala AFF. Teerasil pernah mencetak hat-trick saat melawan Indonesia di Piala AFF 2016. Di partai puncak Piala AFF 2016, Teerasil juga mencetak satu gol saat melawan Indonesia.

James Younghusband - Filipina

Apa pernah James Younghusbang memberikan luka untuk Timnas Indonesia? Kayaknya sih tidak. Cuma, namanya masuk dalam daftar ini agar judulnya keren saja, sih.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait