Keinginan Ketua Umum PSSI Jadi Manajer Timnas U-19 Dinilai Membingungkan

Bolanusantara.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan baru saja mengungkapkan keinginannya untuk langsung mendampingi persiapan timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Bahkan pria yang akrab disapa Iwan Bule sudah menyatakan untuk sementara dirinya akan menjabat sebagai manajer timnas U-19.

Terkait fakta ini, pengamat sepak bola, Tommy Welly menilai apa yang disampaikan oleh Iwan Bule adalah adalah hal yang membingungkan. Dia menuturkan bahwa jika ini memang terealisasi, maka bakal jadi sejarah baru bagi sepak bola Indonesia dimana Ketua Umum PSSI sekaligus merangkap sebagai manajer timnas.

“Jangan-jangan ini juga jadi yang pertama di dunia sepak bola, ada presiden sebuah federasi sekaligus merangkap manajer timnas,” kata Tommy Welly atau akrab disapa Bung Towel ini.

 

Baca juga: Sosialisasi Larangan Nobar dan Nonton Langsung di Stadion, Persib Minta Bandtuan Bobotoh

 

Menurutnya, ini bukan terkait benar atau salah. Ini disebutnya lebih pada koridor kelaziman. “Untuk diketahui, bahwa Exco itu merumuskan kebijakan sepak bola, policy sepak bola nasional. Juga termasuk timnasnya. Nanti yang melaksanakan perangkatnya. Exco itu memberikan dukungan sekaligus men-supervisi, jadi nanti mereka akan menerima laporan pertanggungjawaban," kata Towel lagi.

Yang jadi masalah, dia menambahkan, jika nanti manajer timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 Iwan Bule, melaporkan pertanggungjawaban kinerja, performa, timnas U-19 kepada Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

“Menurut saya ini peran yang membingungkan. Melaksanakan sekaligus mengawasi. Mungkin ini sederhana tapi ini tidak lazim," dia menekankan.

 

Baca juga: Ketum PSSI Bertemu Shin Tae-yong, Apa yang Dibahas?

 

Sebelumnya, Iwan Bule mengatakan bawah dengan menjadi manajer timnas U-19, maka dia dapat turun langsung memperhatikan dan melihat pemain semua di lapangan.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan dana sebesar Rp 50 miliar lebih untuk Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Dana yang diterima PSSI ini lebih sedikit dari anggaran Rp 60 miliar yang diajukan PSSI.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait