Kritik Program Naturalisasi, Gabriel Budi: Mending Fokus Elite Pro Academy!

Bolanusantara.com - Program naturalisasi yang dijalankan oleh PSSI mendapatkan kritik dari banyak pihak. Kali ini kritik datang dari salah satu agen terkenal di Indonesia, Gabriel Budi.

Menurut super agen asal Surabaya ini, kedatangan pemain naturalisasi hanya akan merusak mental pemain Timnas Indonesia U-19. Bahkan, menurut Gabriel Budi, ada salah satu pemain muda yang sempat menghubungi sang agen.

“Kedatangan pemain naturalisasi hanya akan merusak mental pemain Timnas U-19. Beberapa pemain sempat menghubungi saya. Salah satunya Salman (pemain Persija). Dia tanya, ‘Bagaimana ini, Mas?’ Ya saya jawab saja, ‘Kamu fokus saja. Gak usah mikir yang aneh-aneh’. Kasihan para pemain soalnya,” ujar Gabriel Budi kepada Bola Nusantara.

 

Baca juga: Isu Naturalisasi Wonderkid Brasil Ganggu Mental Pemain Timnas U-19

 

Gabriel Budi memberikan saran lain kepada PSSI. Dibanding naturalisasi, PSSI seharusnya menjalankan kompetisi Elite Pro Academy (EPA). Pasalnya, ada banyak pemain Timnas U-19 dan U-16 yang berasal dari kompetisi usia muda tersebut.

“Padahal, dibanding program naturalisasi, lebih baik PSSI fokus ke Elite Pro Academy (EPA). Para pemain yang sekarang main di Timnas U-19, banyak yang berasal dari sana.”

Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) merupakan kompetisi yang menggembleng para pemain muda Indonesia. Hasilnya mungkin tak akan bisa dilihat secara instan, tetapi Budi mengingatkan bahwa keberadaan EPA bisa untuk menggembleng pemain muda Indonesia.

 

Baca juga: Giliran DPR yang Kritisi Rencana Naturalisasi Pemain untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

 

“Hasilnya mungkin tidak instan, ya, tetapi ada proses yang dijalani. Toh, hasilnya juga bisa dirasakan beberapa tahun ke depan. Kompetisi EPA juga bagus untuk menempa pemain muda Indonesia.”

Baru-baru ini, isu naturalisasi pemain muda Timnas U-19 mencuat. Isu ini diperkuat dengan kedatangan lima pemain muda asal Brasil yang dipakai oleh tiga klub Liga 1 2020, yakni Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait