Liga 1 2020: Persija Jakarta dan Tiga Momen Keakrabannya dengan Stadion Sultan Agung Bantul

Bolanusantara.com - Persija Jakarta jadi satu dari tiga klub Liga 1 yang memilih Stadion Sultan Agung, Bantul sebagai markas. Pilihan ini dianggap tepat lantaran Persija punya keberuntungan ketika bermain di markas Persiba Bantul tersebut.

Persija diketahui memilih Stadion Sultan Agung Bantul sebagai homebase saat menjalani virtual managers meeting dengan PT LIB. Dalam rapat tersebut Persija memutuskan bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul dengan berbagai pertimbangan.

Pertama jarak yang tidak terlalu jauh antara kota Jakarta dan Bantul, Jawa Tengah. Lalu murahnya harga sewa stadion ketimbang SUGBK jadi pilihan utama manajemen memutuskan bermarkas di Stadion Sultan Agung. Ada juga faktor, masih tingginya tingkat penularan virus corona di Jakarta membuat Persija memilih bermarkas di Sultan Agung.

 

Baca juga: Marco Motta, Bek Persija Eks Juventus Kagum dengan Budaya Cium Tangan di Indonesia

 

Namun, selain Persija ada PSM Makassar dan Bali United yang juga memilih stadion yang sama.

Tentu saja menjatuhkan pilihan ke Stadion Sultan Agung sangat positif buat Persija. Ibaratnya, Persija dan Sultan Agung memiliki hubungan yang sangat akrab.

Ya, Persija memiliki pengalaman yang bagus saat memutuskan bermain di Sultan Agung. Seperti diketahui, Persija sempat menjadi musafir ke Stadion Sultan Agung saat Stadion Gelor Bung Karno mengalami renovasi besar-besaran untuk gelaran Asian Games.

Lantas mengapa Persija diuntungkan dengan memilih Stadion Sultan Agung sebagai markas?

Lanjut ke halaman selanjutnya ya untuk mengetahui ulasannya:

1. Rekor Bagus di Sultan Agung Bantul

Situasi di luar Stadion Sultan Agung, Bantul (Sumber foto: Bolanusantara/Tata Kurnia)

Seperti sudah dibahas tadi, Persija pernah memakai Stadion Sultan Agung Bantul saat SUGBK tidak bisa digunakan. Ini terjadi pada gelaran Liga 1 2018.

Pada saat itu, Persija dijadwalkan menjamu PSIS Semarang dan PS Tira Persikabo. Hebatnya, kedua laga tersebut dilalui Macan Kemayoran dengan kemenangan.

 

Baca juga: Sikap PT LIB soal Persija, PSM, dan Bali United yang Pakai Markas Persiba

 

Ya, Persija sukses menumbangkan PSIS Semarang dengan skor telak 4-1. Lalu dilanjutkan mengalahkan PS Tira Persikabo dengan lima gol tanpa balas.

Sayangnya pada saat menjamu PSM Makassar, Persija gagal mempertahankan kemenangan. Mereka hanya mampu menahan imbang Juku Eja dengan skor imbang 2-2.

Intinya Persija mampu meraih empat kemenangan, dua seri dan hanya sekali kalah di Sultan Agung.

2. Kalahkan Juara Liga 1 2017

Persija Jakarta juga pernah menaklukkan lawan kuat ketika bermain di Stadion Sultan Agung, Bantul. Tak tanggung-tanggung, lawan yang ditumbangkan adalah juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC.

Pada pertandingan tersebut, legenda hidup Persija, Ismed Sofyan jadi pahlawan kemenangan tim Ibu Kota. Tendangan bebas Ismed dari tengah lapangan langsung menghujam gawang The Guardian yang dikawal Wahyu Tri Nugroho.

3. Produktivitas Gol Persija Mengalir Deras

Persija punya catatan apik saat bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul. Bagaimana tidak? Statistik mencatat, keran gol Persija justru mengalir deras saat bermain di markas Persiba ini.

Ya, seperti dilansir dari laman resmi Persija Jakarta, Marko Simic dan kawan-kawan memiliki jumlah gol lebih banyak ketimbang bermain di SUGBK.

 

Baca juga: Otavio Dutra Tak Permasalahkan Persija Bermarkas di Kandang Persiba

 

Pada Liga 1 2018, Persija mampu mencetak 10 gol dari delapan pertandinga di SUGBK. Sedangkan ketika bermain di Sultan Agung Bantul, Persija sukses membuat 13 laga dari tujuh pertandingan di sana.

Catatan ini tentu jadi modal yang ciamik buat Persija jelang bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul pada gelaran Liga 1 mendatang.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait