Marco Motta, Bek Persija Eks Juventus Kagum dengan Budaya Cium Tangan di Indonesia

Bolanusantara.com - Marco Motta, bek Persija Jakarta eks Juventus kagum dengan budaya cium tangan di Indonesia. Ia menyebutkan bahwa budaya cium tangan tak ada Eropa, tempatnya berasal.

Kejadian salim dan cium tangan didapatkan Motta saat ia bermain untuk Persija Jakarta melawan Geylang United. Dalam uji coba yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, 23 Februari yang lalu, pemain Persija, Resky Fandi melakukan salim dan mencium tangan Motta.

Bahkan, tak lama setelah kejadian itu, Motta mengunggah sebuah foto di Instagram dengan sebuah deskripsi memuji sikap Resky Fandi.

“Sebagai orang barat, gerakan ini sangat mengejutkan saya karena tidak lazim dalam budaya kita. Saya sangat menyukai budaya anda dan saya sangat menghargainya. Sepak bola adalah kunci saya untuk mengetahui dunia,” tulis Marco Motta di akun Instagram pribadi miliknya.

 

Baca juga: Duel Lawan Persebaya Jadi Penyesalan Terdalam Marco Motta

 

“Sebagai orang barat, gerakan ini sangat mengejutkan saya karena tidak lazim dalam budaya kami. Tapi sekarang saya sudah tahu dan saya menyukainya,” kata pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut.

Karier Motta memang selama ini dihabiskan di Eropa. Meski sejatinya ia kerap berpindah-pindah negara. Sebelum bermain di Indonesia, ia sempat merajut asa di klub Siprus, Omonia.

Kerap berpindah negara membuat Motta mempelajari berbagai budaya baru di dunia. Khusus di Indonesia, eks AS Roma itu memuji orang Indonesia yang ramah dan penuh sopan santun.

 

Baca juga: Jauh-jauh dari Italia, Marco Motta Pilih Kerupuk Sebagai Makanan Favorit di Indonesia

 

“Kini saya akan belajar dan memahami budaya baru yang ada di negara ini. Apalagi orang di Indonesia yang saya jumpai di sini sangat sopan dan ramah meskipun baru saya kenal,” lanjut pemain berusia 34 tahun tersebut.

Marco Motta menjadi pemain penting Persija Jakarta di posisi bek kanan. Ia menggantikan Ismed Sofyan yang telah berusia senja.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait