Masih Ingat James ‘Suami Muda’ Younghusband? Ini Kabarnya Sekarang

Bolanusantara.com - Filipina menjadi salah satu tim yang kerap menyulitkan Timnas Indonesia. Meski Filipina tak pernah menjegal langkah Timnas Indonesia, tetapi The Azkals - tetaplah lawan yang disegani Skuad Garuda.

Cabang olahraga sepak bola di Filipina memang tak begitu populer. Di Filipina, basket menjadi cabang olahraga yang lebih digemari oleh masyarakat Filipina.

Alhasil, prestasi Filipina di sepak bola tak begitu mentereng. Tetapi, situasi ini perlahan berubah ketiak Filipina mengadopsi strategi Singapura, yakni dengan menggencarkan naturalisasi.

Cara mereka sedikit berbeda, yakni dengan memanggil pemain-pemain sepak bola yang memiliki darah Filipina agar mau bermain di Filipina.

 

Baca juga: Dikaitkan Sebagai Pengganti Shin Tae-yong, Bagaimana Sikap Robert Rene Alberts?

 

Salah satu pemain yang diminta bermain untuk Timnas Filipina adalah James Younghusband. Pemain kelahiran Ashford, Inggris ini memilih kewarganegaraan Filipina. Tak sendirian, ia memutuskan hal ini bersama sang adik, Phil Younghusband.

Duet “Suami Muda” yang Memiliki Nasib Serupa

Duet Younghusband sempat populer di Indonesia. Nama pemain jebolan akademi Chelsea ini sempat dipelesetkan menjadi “suami muda” oleh komentator sepak bola Indoenesia. Alhasil, Younghusband bersaudara pun lekat dengan nama Suami Muda.

Phil Younghusband, sang adik memutuskan untuk gantung sepatu pada 2019 silam. Yakni pada November 2019 setelah terakhir membela tim Davao Aguilas. Kegemilangan Phil semasa masih bermain menjadikan dirinya duduk sebagai pencetak gol terbanyak untuk Timnas Filipina.

Gemilangnya penampilan Phil ternyata tak diikuti oleh sang kakak, James. Jika Phil berposisi sebagai penyerang, James adalah seorang pemain sayap. Karier James di Timnas Filipina pun tak gemilang.

 

Baca juga: Bali Virtual Island Cup 2020, Turnaman Bergengsi Bikinan Serdadu Tridatu

 

Kini, keduanya telah mengambil jalan yang sama: pensiun.

James Younghusband memutuskan gantung sepatu pada Kamis, 25 Juni 2020. Ia mengumumkan pensiun melalui akun Facebook pribadinya.

“Saatnya mengucapkan selamat tinggal. Terima kasih untuk memori indah. Saya begitu mencintai permainan ini (sepak bola). Terima kasih kepada keluarga, bos, manajer, pelatih, teman setim, lawan, dan semua suporter yang menjadi bagian karier profesionalku. Saya beruntung memiliki pengalaman yang tak terlupakan dan bersyukur atas segala meomen yang kuhabiskan untuk klub Timnas,” ujar James Younghusband.

Ia sempat menjadi bagian Timnas Filipina U-23 dalam ajang SEA Games 2005. Sepanjang karier untuk Timnas Filipina, ia mencatatkan 101 penampilan dan 12 gol. Ia juga sempat menjadi pemain yang berbahaya bagi Timnas Filipina saat melawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait