Pelatih Timnas Indonesia Akui Anak Asuhnya Sempat Kewalahan Lawan Laos

Pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini mengakui Laos sempat menyulitkan pemainnya saat laga keempat Grup A Piala AFf 2019 di Stadion Thong Nat, Vietnam, Senin (12/8) sore WIB.

Pada laga ini, Timnas Indonesia U-18 kebobolan terlebih dulu berkat gol Alounnay Lounlasy pada menit ke-69. Garuda Nusantara baru mampu membalikkan keadaan setelah Bagus Kahfi mencetak gol pada menit ke-71 dan gol bunuh diri Anoulack Vanaalath pada menit ke-92.

 Baca juga: Kalahkan Laos, Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Usai pertandingan, Fakhri mengakui gaya bermain Laos sempat membuat Timnas Indonesia U-18 kewalahan. Beruntung pada akhir laga, David Maulana dan kawan-kawan bisa memastikan tiga poin.

"Saya menilai Laos disiplin dalam menyerang dengan menyisakan pemain bertahan mereka di daerahnya dan mereka tak bergerak dari tempatnya. Itu yang membuat kami kesulitan untuk mengembangkan permainan," kata Fakhri saat sesi jumpa pers usai laga.

"Dalam menekan, mereka membagi dua grup, lima menyerang dan lima lagi diam menjaga daerah pertahanannya. Tapi syukur Alhamdulillah pemain saya bisa meresponnya setelah kami kemasukan gol pertama tadi," ujarnya.

Kendati mengalami kesusahan kontra Laos, Fakhri tetap memetik pelajaran penting. Salah satunya adalah mental pemain ketika tertinggal gol lebih dulu dari lawan.

"Ini pengalaman lagi bagi mereka saat menghadapi tim yang bermain seperti Laos. Mereka harus bisa bermain lebih disiplin dan tenang dalam menyerang," tuturnya.

 

Baca juga: Datang ke Surabaya, Pelatih Timnas Indonesia Pantau Kondisi Pemain

 

Tambahan tiga poin atas Laos membuat Timnas Indonesia U-18 memastikan satu tiket ke babak semifinal. Walau demikian, Garuda Nusantara masih harus menghadapi laga terakhir di Grup A melawan Myanmar pada Rabu 14 Agustus 2019 mendatang.

Note: Game Seru Bola Nusantara juga hadir di Piala AFF U-18 2019. Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah kerennya! Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait