Pemain Persija Ramai-ramai Ambil Lisensi Kepelatihan AFC

Bolanusantara.com - Berkarier sebagai pesepak bola memang berbeda dengan orang yang bekerja di kantoran. Pasalnya karier seorang pesepak bola memiliki durasi waktu yang sangat singkat. Itupun jika sang pemain mampu menjaga kondisi tubuhnya untuk tetap bisa bersaing dengan pemain lain.

Ada yang bilang kondisi puncak pemain sepak bola akan tercapai ketika menginjak usia 26-28 tahun. Setelah melewati tahun ini para pemain akan dianggap mulai menua. Apalagi jika sudah menginjak kepala tiga.

 

Baca juga: Banderol Terlalu Mahal, Klub Malaysia Batal Boyong Bintang Persija Jakarta

 

Nah oleh sebab itu, para pesepak bola harus pandai-pandai menghitung karier dan bagaimana cara mereka tetap bisa bertahan saat gantung sepatu nanti. Sebenarnya ada beberapa cara yang sudah dilakukan oleh pesepak bola.

Ada yang membuka bisnis usaha seperti pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan yang membuka toko roti. Ada juga gelandang Persija Jakarta, Marc Klok yang kini menggeluti bisnis clothing.

Namun jika memang para pemain ini ingin tetap bergelut di dunia si kulit bundar, ada profesi yang amat menjanjikan. Ya, profesi itu yakni menjadi seorang pelatih sepak bola.

Sederet pemain sepak bola, khususnya klub Persija Jakarta sudah sadar betul hal ini. Tercatat ada empat pemain yang kini sedang serius menatap masa depan sebagai pelatih sepak bola.

Dua pemain senior, Maman Abdurahman dan Ismed Sofyan diketahui sudah mengambil lisensi kepelatihan. Keduanya saat ini sudah mengantongi lisensi kepelatihan B AFC pada tahun 2019.

Teranyar gantian Tony Sucipto dan Otavio Dutra yang meluangkan waktu untuk mengikuti kursus kepelatihan. Tony dan Dutra sama-sama mengambil lisensi kepelatihan C AFC yang diselenggarakan PSSI pada awal November 2020.

Menanggapi ini, Dutra mengaku keputusannya mengambil lisensi kepelatihan sebagai bekal jika gantung sepatu nanti. Apalagi jika berkaca pada usia Dutra, karier sepak bolanya mungkin sudah tidak lama lagi bertahan.

 

Baca juga: Sikap Sutan Zico Usai Gagal Dipanggil Timnas Indonesia U-19

 

"Saya tetap fokus bermain namun saya juga harus mempersiapkan segala hal. Setelah ini jika ada kesempatan saya akan mengambil lisensi B. Mungkin juga bisa saya belajar kepelatihan di Brasil,” tutur Dutra dilansir dari laman resmi.

Hebatnya lagi Dutra bahkan sudah menerapkan hasil kepelatihannya dengan membantu latihan di Persija Soccer School.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait