Prediksi Formasi Timnas Indonesia U-19 Vs Bulgaria

Bolanusantara.com - Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan di Kroasia sebagai bagian rangkaian persiapan sebelum mentas di Piala Asia U-19, Uzbekistan. Berikut adalah perkiraan formasi Timnas Indonesia U-19 di Bulgaria.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong telah mengumumkan 30 nama pemain yang akan dibawa ke Kroasia. Nanti di Eropa, Timnas Indonesia U-19 akan ikut turnamen yang melibatkan Kroasia, Bulgaria dan Arab Saudi.

 

Baca juga: Striker Timnas Indonesia U-19 Tak Sabar Tunjukkan Kekuatan Merah Putih di Kroasia

 

Turnamen ini rencananya akan bergulir pada 2-8 September 2020. Pertandingan ini amat penting bagi Timnas Indonesia karena untuk mematangkan strategi milik Shin Tae-yong.

Nah pertandingan ini rencananya akan dihelat pada tanggal 2-8 September. Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Kroasia pada laga perdana.

Terkait itu, berikut adalah prediksi susunan formasi Timnas Indonesia U-19 vs Kroasia:

Kiper

Erlangga Setyo

Erlangga Setyo merupakan kiper yang mendapatkan panggilan Timnas Indonesia baru beberapa hari terkahir. Itu lantaran kiper Ernando Ari harus naik meja operasi karena mengalami cedera bahu.

Erlangga merupakan kiper Persib Bandung U-16 yang digadang-gadang sebagai calon penjaga gawang hebat Timnas. Hal tersebut tak terlepas karena Erlangga memiliki postur tubuh yang ideal buat penjaga gawang.

Ya, Erlangga tercatat memiliki tinggi mencapai 192 cm. Tentu saja bagi seorang penjaga gawang, postur tubuh jangkung sangat menguntungkan bagi dirinya saat bertanding.

Bek

Yudha Febrian (Bek Kiri) - Elkan Baggot - Rizky Ridho - Bagas Kaffa (Bek Kanan)

Dalam formasi empat bek sejajar, agaknya pelatih Shin Tae-yong akan lebih mempercayakan kepada mantan pemain Timnas Indonesia U-16. Yudha Febrian dan Bagas Kaffa kemungkinan akan dipasang di sektor bek sayap yang akan diperankan untuk bertahan sekaligus menyerang.

Sedangkan posisi bek tengah dipercayakan pada Rizky Ridho dan Elkan Baggot. Kehadiran Rizky sangat penting karena dia sudah memiliki banyak pengalaman di Timnas maupun Persebaya Surabaya.

 

Baca juga: Penyerang Tertajam Liga Indonesia Sepanjang Masa Dukung Naturalisasi di Timnas Indonesia

 

Kehadiran Rizky bisa menjadi mentor bagi Elkan Baggot yang baru saja bergabung dengan Timnas. Postur tubuh tinggi Elkan Baggot juga amat penting bagi kekuatan lini pertahanan Timnas Indonesia.

Tengah

Witan Sulaiman (Sayap Kanan) - David Maulana - Beckham Putra - Jack Brown (Sayap Kiri)

Dalam formasi 4-4-2 milik Shin Tae-yong tentu saja kekuatan berada di sektor lini tengah. Kehadiran empat gelandang ini amat penting untuk menjaga keseimbangan permainan,

David Maulana yang merupakan mantan kapten Timnas Indonesia U-16 bisa menjadi jenderal di tengah. Tugasnya hanya berkutat di lapangan tengah untuk menghalau atau memulai serangan.

Sementara Beckham akan lebih maju ke depan. Dia bisa juga diperankan tugas sebagai striker lubang yang sewaktu-waktu bisa masuk ke dalam kotak penalti lawan.

 

Baca juga: Isu Naturalisasi Wonderkid Brasil Ganggu Mental Pemain Timnas U-19

 

Di sektor sayap, Witan Sulaiman dengan kemampuan skill individu dan pengalamannya bisa jadi senjata mematikan Timnas Indonesia. Witan bisa diperankan tugas untuk melayani striker atau mengeksekusi sendiri.

Sedangkan peran Jack Brown mirip dengan Witan Sulaiman. Bedanya, dengan visi Brown yang ciamik dalam mengirim umpan bisa lebih difokuskan untuk memastikan asupan bola ke striker terpenuhi.

Striker

Irfan Jauhari dan Sadam Gaffar

Duet striker di formasi 4-4-2 milik Shin Tae-yong akan sangat krusial. Sebab, pasangan striker ini tidak boleh memiliki tipikal yang sama melainkan harus saling melengkapi kelemahan lawan.

Irfan Jauhari merupakan striker buas yang tidak betah berada di dalam kotak penalti lawan. Dia akan mencoba mencari ruang atau menjemput bola bahkan hingga ke lapangan tengah.

Sementara Saddam bisa difokuskan untuk jadi penyelesai akhir di dalam kotak penalti.

Dengan tidak adanya Bagus Kahfi, kedua pemain ini diharapkan bisa jadi sumber gol Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait