Seto Nurdiantoro Lebih Suka Timnas Berisi Pemain Lokal Ketimbang Naturalisasi

Bolanusantara.com - Pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiantoro menyayangkan kemunculan rencana naturalisasi pemain asing asal Brasil di Timnas Indonesia. Menurutnya, Timnas Indonesia seharusnya menjadi wadah untuk para pemain lokal terbaik di Tanah Air.

Sempat muncul kabar kalau PSSI memiliki rencana untuk menaturalisasi pemain asing yang akan dipergunakan memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20. Kabar tersebut kian menjadi ramai setelah muncul 5 pemain muda asal Brasil yang saat ini berada di Persija, Arema FC dan Madura United.

Melihat hal ini, Seto sungguh sangat menyayangkan munculnya isu naturalisasi. Menurutnya, ajang Piala Dunia U-20 seharusnya menjadi panggung para pemain Timnas Indonesia, bukan naturaliasi.

 

Baca juga: Giliran DPR yang Kritisi Rencana Naturalisasi Pemain untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

 

"Saya pikir Piala Dunia U-20 jadi kesempatan menunjukkan potensi lokal dihadapan pegiat sepak bola internasional. Bukan berarti saya alergi dengan naturalisasi tetapi saya lebih menyukai pemain-pemain asli Indonesia," kata Seto dilansir dari laman resmi Antara.

Banyak yang menilai kalau naturalisasi bisa memberikan prestasi kepada Timnas Indonesia secara instan. Seto Nurdiantoro pun angkat bicara dan menyatakan tidak setuju dengan prestasi yang diraih oleh Timnas Indonesia tapi berkat bantuan pemain naturalisasi.

"Saya lebih bangga jika timnas diperkuat pemain lokal meski pada akhirnya tidak lolos dari fase grup daripada melalui jauh dengan pemain-pemain naturalisasi," jelas Seto.

"Bagi saya tujuan utama timnas kelompok umur bukanlah kemenangan atau prestasi mealinkan bagaimana mengembangkan kreativitas, teknik, taktik dan meningkatkan kepercayaan diri pemain," ujar eks-pelatih PSS Sleman ini.

 

Baca juga: Isu Naturalisasi Wonderkid Brasil Ganggu Mental Pemain Timnas U-19

 

Kabar yang terdengar soal rencana naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 memang sempat buat heboh jagat dunia maya. Saat ditanya soal rencana ini, PSSI justru menolak dikaitkan dengan mengatakan kalau kedatangan lima pemain asing asal Brasil merupakan murni kebutuhan klub.

Ya, saat ini Henrique Bartolo dan Hugo Guilherme diketahui berlatih dengan Arema FC. Sedangkan Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique De Lima menimba ilmu di Persija Jakarta. Teranyar, giliran Madura United yang kedatangan pemain bernama Robert Junior Rodrigues Santos.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

 

Berita Terkait