Soal Isu Proyek Naturalisasi Pemain Brasil, Indra Sjafri: Tidak Ada Kaitannya dengan PSSI

Bolanusantara.com - Direktur Tekhnik Timnas Indonesia, Indra Sjafri membantah kabar yang menyebut kalau PSSI sedang memiliki proyek naturalisasi pemain asing muda asal Brasil untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Menurutnya, kedatangan pemain asing tersebut murni kebutuhan klub Liga 1.

Ya, dalam beberapa waktu terakhir, secara tiba-tiba bermunculan pemain asing asal Brasil yang berlatih bersama klub Liga 1. Total ada lima pemain asing asal Negeri Samba yang berlatih di Persija Jakarta, Arema FC dan Madura United.

 

Baca juga: Madura United Datangkan Pemain Asing Asal Brasil

 

Henrique Bartolo dan Hugo Guilherme diketahui berlatih dengan Arema FC. Sedangkan Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique De Lima menimba ilmu di Persija Jakarta. Teranyar, giliran Madura United yang kedatangan pemain bernama Robert Junior Rodrigues Santos.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” kata Indra Sjafri dilansir dari laman resmi PSSI.

Lebih lanjut, Indra Sjafri pun mengatakan agar isu naturalisasi jangan sampai mengganggu persiapan Timnas Indonesia U-19. Apalagi, para pemain saat ini sedang fokus digembleng pelatih Shin Tae-yong untuk raihan hasil terbaik di Piala Asia U-19.

"Saat ini kami terus mengasah kemampuan pemain jelang mengikuti turnamen Piala AFC U-19. Coach Shin Tae-yong terus memberikan berbagai menu latihan kepada pemain. Selanjutnya sebelum ke Piala AFC U-19 di Uzbekistan, kami akan melaksanakan TC di luar negeri terlebih dahulu," tambah Indra Sjafri.

 

Baca juga: Resmi Rekrut 2 Pemain Asing Asal Brasil, Ini Alasan Arema FC

 

Seperti diketahui, timnas U-19 menjalani TC untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Pertandingan perdana timnas U-19 akan melawan Kamboja pada 14 Oktober. Selanjutnya melawan Iran 17 Oktober dan menantang tuan rumah Uzbekistan pada 20 Oktober mendatang. Pada tahun 2021 mendatang skuat Garuda Muda ini akan mengikuti turnamen bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia.

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait