Tak Ada Persija, Inilah Klub yang Lolos AFC Club Licensing Cycle 2020

Bolanusantara.com - PSSI telah menetapkan klub-klub yang lolos AFC Club Licensing Cycle 2020. Dari daftar nama yang lolos atau mendapatkan status granted tersebut, tidak ada nama dua klub besar seperti Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya.

PSSI melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11/2020) di Hotel Harris FX, Jakarta, memutuskan enam klub dinyatakan Granted. Keenam klub tersebut adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

AFC Club Licensing Cycle menjadi sangat penting karena merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup. Selain itu, verifikasi ini juga penting untuk perkembangan dunia sepak bola, khususnya di Indonesia.

 

Baca juga: Pemain Persija Ramai-ramai Ambil Lisensi Kepelatihan AFC

 

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

Pelaksana tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi berharap ke depannya akan ada lebih banyak klub yang mampu lolos. Nantinya, PSSI juga sedang menyiapkan lisensi nasional untuk klub Liga 1 dan Liga 2.

 

Baca juga: Tak Ada Kepastian Tanggal Kick-Off, Madura United Ancam Mundur dari Kompetisi

 

"PSSI kedepan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," kata Yunus Nusi dilansir Bola Nusantara dari laman resmi PSSI.

"Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” tambah Yunus Nusi.

Tidak adanya nama Persija Jakarta memang cukup mengejutkan. Pasalnya, Persija menjadi klub yang paling getol membenahi klub lantaran mereka ingin melepas saham ke publik lewat proses IPO.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait