Timnas Indonesia U-19: Mohamad Kanu, Anak Nelayan yang Ingin Bermain di Piala Dunia

Bolanusantara.com - Setiap orang memiliki mimpinya masing-masing. Dan mereka memiliki caranya sendiri untuk bisa mewujudkan mimpinya.

Salah satu orang yang memiliki mimpi besar adalah Mohamad Kanu Helmiawan. Pemain berusia 19 tahun ini merupakan anak seorang nelayan yang memiliki mimpi besar: bermain di Piala Dunia. Dan selangkah lagi, mimpi pemain kelahiran Jakarta ini terwujud.

Kanu menjadi salah satu pemain yang turut serta dibawa oleh Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-19 TC di Kroasia. Ia sebelumnya sempat terpilih dalam TC di Cikarang pada awal tahun lalu.

 

Baca juga: 3 Statistik Unik dari 10 Pertandingan Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia

 

"Alhamdulillah pada awal 2020 saya mendapat panggilan pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 di Cikarang saat ini. Setelah itu saya bersyukur selalu dipanggil pelatih Shin Tae-yong saat lanjutan TC Timnas U-19 di Thailand, Jakarta, dan saat ini di Kroasia," kata pemain yang mengidolakan Evan Dimas dan Casemiro tersebut.

Pemain kelahiran Jakarta, 27 April 2001 tersebut memiliki perjalanan karier yang panjang. Ia mengawali karier sepak bola dengan bergabung ke SSB UMS Jakarta pada tahun 2008. Setelah itu pindah ke SSB Mutiara Cempaka Arcici dan Asiop Apacinti. Tahun 2016, Kanu masuk ke PPLP Sumatera Barat dan tahun 2017 bergabung ke tim Persija U-19. Setelah itu, tahun 2018 Kanu bergabung ke Borneo FC U-19, 2019 ke Babel United, dan mulai 2020 ke Muba Babel United hingga saat ini.

 

Baca juga: Gagal Kalahkan Makedonia Utara, Pelatih Timnas U-19 Keluhkan Lapangan

 

"Saya bertekad dan punya mimpi menembus tim utama timnas U-19 nantinya. Saya ingin bermain di ajang Piala AFC U-19 dan tentu Piala Dunia U-20 tahun depan," tambah Kanu.

Pada awal TC di Kroasia, Kanu sempat mengalami cedera pergelangan kaki. Berkat kerja kerasnya, ia akhirnya bisa sembuh dan kembali dipercaya bermain untuk Timnas U-19.

"Saat itu saya hanya fokus bagaimana caranya cepat sembuh dan kembali bisa berlatih bersama tim lagi. Dan Alhamdulillah saya sudah bisa berlatih normal dan bermain tiga kali laga uji coba melawan Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan Makedonia Utara," ungkap Muhamad Kanu.

 

Note: Ayo Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah keren dengan hanya memainkan Game Seru Bola Nusantara! Caranya Download dulu aplikasinya di sini

Berita Terkait