Kejarlah Ilmu Sampai ke Negeri Jepang dan Korea Demi Sepak Bola Indonesia Maju

- Senin, 5 Desember 2022 | 15:18 WIB
ERICK THOHOR - Kabar Gembira Bagi Pelaku Usaha, Erick Thohir Berikan Pendanaan (Instagram/@erickthohir)
ERICK THOHOR - Kabar Gembira Bagi Pelaku Usaha, Erick Thohir Berikan Pendanaan (Instagram/@erickthohir)

 

Bolanusantara.com - Menteri BUMN. Erick Thohir menyinggung prestasi tim Asia yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, yakni Jepang dan Korea Selatan. Dia meminta Indonesia mengikuti kesuksesan ini jika ingin sepak bola maju.

Pada Piala Dunia 2022, ada tiga tim asia yang berhasil lolos ke babak 16 besar. Selain Jepang dan Korsel, ada juga Australia yang masuk di bawah federasi AFC.

Tentu ini jadi sejarah baru di gelaran Piala Dunia. Baru pertama kalinya dalam sejarah, ada tiga tim Asia yang melenggang ke fase gugur.

Baca Juga: Indonesia Punya Uang Jika Mau Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2045

Tentu saja keberhasilan ini tidak terlepas dari proses pembinaan yang apik. Pembinaan secara berkala jadi kunci kesuksesan Jepang dan Korsel.

Jepang itu persiapan timnasnya 20-30 tahun. Artinya, kita harus rekrut pemain terbaik lalu diberi kesempatan bermain di klub atau sekalian seperti basket saja, dimana timnas bisa main di liga tapi diisi pemain muda untuk mereka berkompetisi," kata Erick Thohir.

"Saya buka tidak suka naturalisasi. Tapi jika satu klub pemain naturalisasinya banyak, maka kita harus saling jaga dan duduk bersama. Gimana klub bisa menerapkan strategi dengan pemain muda, asing dan naturalisasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Erick juga menyinggung soal ketersiadaan lapangan latihan yang berkulitas di Indonesia. Sejauh ini masih sangat minim.

Halaman:

Editor: Yosef Deny Pamungkas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Shin Tae-yong Resmi Dipertahankan PSSI

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:26 WIB

RESMI: Shayne Pattynama Jadi WNI

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:44 WIB
X